Kemenangan Besar Microsoft Bersembunyi di Dalam Apple MacBook Pro – Ketika Microsoft meluncurkan Surface Pro X pada 2 Oktober 2019, tim tersebut bergabung di atas panggung oleh Scott Belsky dari Adobe, yang mengonfirmasi bahwa tim Creative Cloud sedang bekerja keras untuk menghadirkan bagian-bagian penting cloud ke Surface Pro X secara khusus, dan Windows 10 pada perangkat ARM secara umum.

Surface Pro X

Dengan Microsoft SQ® 1 dan chipset Microsoft SQ® 2 baru, konektivitas LTE yang sangat cepat, ³ Surface tertipis kami memiliki dua port USB-C® dan layar sentuh 13 inci yang menakjubkan dan hampir canggih, ditambah pilihan warna baru. ⁶ Keyboard Surface Pro X dan Pena Surface Slim yang dapat diisi ulang dijual terpisah.

413 hari setelah acara peluncuran itu, Adobe merilis versi beta Photoshop untuk perangkat Surface yang didukung ARM. Pada saat yang sama ia merilis Photoshop beta untuk perangkat keras Mac yang didukung ARM, yang telah diluncurkan tujuh hari sebelumnya. idnpoker

Versi awal Photoshop untuk Apple Silicon ini menawarkan banyak fitur inti Photoshop yang Anda andalkan untuk kebutuhan pengeditan sehari-hari, dan Adobe akan menambahkan lebih banyak fitur di minggu-minggu mendatang.

Sekarang Adobe telah menyerahkan kedua platform itu sesuatu yang sangat penting. Versi ARM asli dari Lightroom dari Windows 10 dan macOS.

Saat Microsoft dan Apple menjelajahi dunia yang jauh dari platform x86, mereka berpacu di depan kurva pengembangan banyak aplikasi utama. Baik macOS dan Windows 10 di ARM terus menangani masalah ini melalui penggunaan emulasi, yang dapat diterima tetapi tidak diinginkan. Windows 10 saat ini terbatas pada aplikasi 32-bit saja dengan dukungan 64-bit diharapkan awal tahun depan. Sistem Apple mendapat manfaat dari peningkatan kekuatan pemrosesan chip M1-nya (dan tidak diragukan lagi dibantu oleh penyusutan dukungan 32-bit Apple tahun lalu), tetapi masih memiliki masalah dengan kompatibilitas di beberapa aplikasi utama.

Dengan Lightroom yang sekarang tersedia sebagai aplikasi asli ARM di kedua platform, pengguna akan melihat manfaat yang jelas dari versi yang diemulasikan – masa pakai baterai akan meningkat, aplikasi akan berjalan lebih lancar, dan pemrosesan gambar akan jauh lebih cepat.

Mengingat Surface Pro X telah dijual selama lebih dari setahun, mengapa peluncuran aplikasi utama ini memakan waktu lama? Occam’s Razer menyarankan bahwa langkah ‘all-in’ Apple, berkomitmen untuk memiliki semua Mac baru yang menjalankan silikon berbasis ARM pada akhir tahun 2022 sudah cukup menjadi katalisator bagi pengembang – jika Anda ingin tetap menggunakan Mac, Anda harus mengikuti Apple menyusuri jalan baru ini.

Adapun Windows 10 di ARM, optik dari pengembang aplikasi utama yang mendukung macOS dan bukan Windows 10 akan menjadi penjualan yang sulit. Sementara hari-hari awalnya untuk Windows, banyak pabrikan akan melihat keuntungan yang sekarang dimiliki Apple atas persaingan dan betapa mudahnya menjualnya ke publik – lebih banyak masa pakai baterai, lebih banyak daya, laptop lebih kecil – dan memutuskan bahwa mereka perlu memilikinya beberapa skin di game ARM. Itu akan menumbuhkan basis pengguna dan menawarkan pengembang pihak ketiga basis pengguna yang jauh lebih besar untuk ditangani.

Surface Pro X dari Microsoft menyapa sejumlah kecil audiens sambil menetapkan arah masa depan untuk Windows. Peralihan Apple dari Intel melegitimasi pendekatan tersebut, dan sekarang ekosistem komputasi desktop bergerak ke arah yang sama.