Apa Itu Algoritma? Bagaimana Komputer Mengetahui Apa Yang Harus Dilakukan Dengan Data – Dunia komputasi penuh dengan kata kunci: AI, superkomputer, pembelajaran mesin, cloud, komputasi kuantum, dan banyak lagi. Satu kata secara khusus digunakan di seluruh komputasi algoritma.

Dalam pengertian yang paling umum, algoritme adalah serangkaian instruksi yang memberi tahu komputer bagaimana mengubah sekumpulan fakta tentang dunia menjadi informasi yang berguna. Fakta adalah data, dan informasi yang berguna adalah pengetahuan untuk manusia, instruksi untuk mesin atau masukan untuk algoritma lain. Ada banyak contoh algoritme yang umum, mulai dari mengurutkan kumpulan angka hingga menemukan rute melalui peta hingga menampilkan informasi di layar.

Apa Itu Algoritma? Bagaimana Komputer Mengetahui Apa Yang Harus Dilakukan Dengan Data

Untuk merasakan konsep algoritme, pikirkan tentang berpakaian di pagi hari. Hanya sedikit orang yang berpikir dua kali. Tetapi bagaimana Anda menuliskan proses Anda atau memberi tahu anak usia 5 tahun pendekatan Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara mendetail menghasilkan algoritme. pokerindonesia

Memasukkan

Bagi sebuah komputer, input adalah informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Saat Anda berpakaian di pagi hari, informasi apa yang Anda butuhkan? Pertama dan terpenting, Anda perlu tahu pakaian apa yang tersedia untuk Anda di lemari Anda. Kemudian Anda dapat mempertimbangkan berapa suhu, ramalan cuaca untuk hari itu, musim apa dan mungkin beberapa preferensi pribadi.

Semua ini dapat direpresentasikan dalam data, yang pada dasarnya adalah kumpulan angka atau kata sederhana. Misalnya, suhu adalah angka, dan prakiraan cuaca mungkin “hujan” atau “sinar matahari”.

Transformasi

Berikutnya adalah inti dari algoritme komputasi. Perhitungan melibatkan aritmatika, pengambilan keputusan, dan pengulangan. Jadi, bagaimana ini berlaku untuk berpakaian? Anda membuat keputusan dengan melakukan beberapa matematika pada jumlah input tersebut. Apakah Anda mengenakan jaket tergantung pada suhu, dan jaket mana yang Anda pilih bergantung pada prakiraan cuaca. Bagi komputer, bagian dari algoritme berpakaian kami akan terlihat seperti “jika suhu di bawah 50 derajat dan hujan, maka pilih jas hujan dan kemeja lengan panjang untuk dikenakan di bawahnya.”

Setelah memilih pakaian, Anda harus memakainya. Ini adalah bagian penting dari algoritme kami. Di komputer, pengulangan dapat diekspresikan seperti “untuk setiap potong pakaian, kenakan.”

Keluaran

Akhirnya, langkah terakhir dari sebuah algoritma adalah keluaran mengungkapkan jawabannya. Bagi komputer, keluaran biasanya lebih banyak data, sama seperti masukan. Ini memungkinkan komputer untuk merangkai algoritme bersama dalam mode yang kompleks untuk menghasilkan lebih banyak algoritme. Namun, keluaran juga dapat melibatkan penyajian informasi, misalnya meletakkan kata-kata di layar, menghasilkan isyarat pendengaran atau bentuk komunikasi lainnya.

Jadi setelah berpakaian, Anda melangkah ke dunia nyata, siap menghadapi elemen dan tatapan orang-orang di sekitar Anda. Mungkin Anda bahkan mengambil selfie dan menaruhnya di Instagram untuk memamerkan barang-barang Anda.

Pembelajaran Mesin

Terkadang terlalu rumit untuk menjelaskan proses pengambilan keputusan. Kategori khusus dari algoritme, algoritme pembelajaran mesin, mencoba “belajar” berdasarkan sekumpulan contoh pengambilan keputusan sebelumnya. Pembelajaran mesin adalah hal biasa untuk hal-hal seperti rekomendasi, prediksi, dan mencari informasi.

Apa Itu Algoritma? Bagaimana Komputer Mengetahui Apa Yang Harus Dilakukan Dengan Data

Untuk contoh berpakaian kami, algoritme pembelajaran mesin akan setara dengan Anda mengingat keputusan masa lalu tentang apa yang akan dikenakan, mengetahui seberapa nyaman Anda merasa mengenakan setiap item, dan mungkin selfie mana yang paling disukai, dan menggunakan informasi itu untuk membuatnya lebih baik pilihan. Jadi, algoritma adalah proses yang digunakan komputer untuk mengubah data masukan menjadi data keluaran. Sebuah konsep sederhana, namun setiap bagian dari teknologi yang Anda sentuh melibatkan banyak algoritme. Mungkin lain kali Anda mengambil ponsel, menonton film Hollywood, atau memeriksa email, Anda dapat merenungkan kumpulan algoritme kompleks seperti apa yang ada di balik layar.